Prosesor dan GPU smartphone android 2018 - Rufidea | Sharing and Tips

Prosesor dan GPU smartphone android 2018


Pada kesempatan kali ini rufidea akan berbagi pengetahuan mengenai Prosesor(CPU) dan GPU smartphone android khususnya pada  di seperempat tahun 2018 ini. Seperti yang kita tau prosesor merupakan sebuah otak atau pusat kendali dari seluruh proses pada sebuah gadget baik PC atau smartphone. Prosesor juga sering disebut CPU(Central Processing Unit) sebagai pusat aktifitas pada sebuah device. Sedangkan GPU(Graphic Processing Unit) adalah sebuah prosesor yang bertugas untuk mengolah tampilan atau grafis pada sebuah device. Perbedaan mendasar antara CPU dan GPU adalah jumlah core yang dimiliki. CPU biasanya jumlah corenya terbatas sedangkan GPU biasanya ribuan core.  

Berikut ini adalah CPU yang populer pada smartphone android hingga bulan April 2018:


1. Intel



Tak hanya berkutik pada ranah PC namun Intel juga bergerak di bidang smartphone dengan chipset yang unggul. Seperti yang kita ketahui chipset ini digunakan oleh brand terkenal seperti Lenovo dan Asus. Keunggulan utama chipset ini adalah adanya teknologi hyper-threading yaitu teknologi prosesor yang memungkinkan satu core prosesor memiliki 2 thread untuk mengerjakan 2 komputasi secara bersamaan. Lalu, sistem operasi akan mengenalnya sebagai 2 core prosesor yang berbeda. Jadi seolah mempunyai 4 core padahal aslinya cuma 2 core.

2. Snapdragon


Snapdragon merupakan chipset yang dikembangkan oleh Qualcomm dan merupakan prosesor yang popularitasnya sedang memuncak saat ini. Keunggulan utama dari chipset ini adalah dari sisi performa, dukungan grafis, dan pemakaian daya yang lebih baik dari pesaingnya. Hingga saat ini prosesor terakhir yang mereka keluarkan adalah snapdragon 845 dimana chipset ini mempunyai teknologi AI(Artificial Intelligence) dan memiliki performa 3x lebih cepat dari snapdragon 835 -> BACA DI SINI. Chipset snapdragon sudah banyak digunakan oleh smartphone kelas atas sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya.

3. Mediatek


Mediatek adalah pesaing utama snapdragon, namun Mediatek selalu dianggap lebih rendah dan tidak bisa menyaingi atau menyamai snapdragon. Banyak dari kalangan konsumen smartphone menilai negatif smartphone dengan chipset ini dan mereka membandingkannya dengan snapdragon. Padahal ya tidak jelek-jelek amat. Dalam perkembangannya sudah dapat disejajarkan. Mediatek sendiri merupakan produsen yang fokus memasarkan chipset berkemampuan tinggi, namun dibanderol dengan harga terjangkau. Keunggulan utama chipset ini adalah harganya yang terjangkau sehingga banyak menjalin kerja sama dengan produsen smartphone. Selain itu, Mediatek seringkali membuat terobosan lebih dulu dibanding kompetitornya misalnya menciptakan Prosesor Deca Core pertama dengan Fabrikasi 10 nm.

4. Exynos



Exynos adalah prosesor yang diproduksi oleh Samsung. Samsung Electronics adalah perusahaan yang mengembangkan chipset ini. Exynos umumnya disematkan pada produk kelas atas Samsung misalnya sekarang pada kelas teratas adalah Samsung Galaxy S9 dengan chipset Exynos 9810. Kemampuan chipset beda tipis dengan Qualcomm sehingga sudah sangat mumpuni dan tidak diragukan. Keunggulan utama chipset ini ada pada bidang game 3D serta multitasking. 

5. Nvidia Tegra



Mungkin chipset buatan Nvidia ini masih ada yang asing mendengarnya. Padahal prosesor buatan Nvidia adalah penghasil chipset game dan yang paling terkenal. Tegra difokuskan agar handal untuk bermain game. Keunggulan utama Nvidia ini diantaranya dapat menghadirkan jumlah core yang efektif misalnya jika gadget menjalankan game berat, semua core prosesor akan bekerja tetapi jika hanya menjalankan aplikasi ringan hanya berjalan dengan satu core.

Kemudian GPU yang populer pada smartphone android hingga bulan April 2018:


1. Mali



Sampai sekarang GPU Mali adalah GPU yang paling banyak digunakan pada smartphone android. Keunggulan utamanya adalah teroptimasi dengan baik, clock speed dan kemampuan render yang mantap. Namun biasanya GPU Mali lebih cepat panas dibanding Adreno.

2. Adreno


GPU Adreno dikembangkan sendiri oleh Qualcomm untuk mendukung chipset snapdragon mereka. Adreno terkenal lebih mahal namun mempunyai performa yang tinggi dan mendukung API yang mutakhir. Adreno juga terkenal tidak mudah panas karena manajemen panas sudah baik. 

Jadi masing-masing tipe memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Pendukung manakah anda? Silahkan komentar di bawah. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih sudah mampir 😊

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Prosesor dan GPU smartphone android 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel