Variable Aperture, Apakah itu? - Rufidea | Sharing and Tips

Variable Aperture, Apakah itu?

apa variable aperture

Sebelumnya bagi yang belum mengerti apa itu aperture bisa baca dahulu -> Kamera Smartphone, semua yang harus kamu ketahui!

Variable Aperture adalah sebuah teknologi baru yang "revolusioner" di dunia smartphone dibawakan oleh Samsung Galaxy S9. Jadi apa sebetulnya variable aperture itu? kenapa itu termasuk "revolusioner"?

Fitur baru ini juga biasa disebut dual aperture, disebut "revolusioner" karena fitur tersebut belum pernah disertakan pada kamera smartphone sebelumnya, tetapi itu sebenarnya telah ada sekitar pertengahan 1850-an. Jadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi ini adalah Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus di mana hasil kamera dari flagship tersebut sangat bagus.

Jika dibandingkan, Samsung Galaxy S9 dan S9 plus dengan DSLR tentu masih jauh. Kamera khusus atau DSLR menawarkan berbagai pengaturan aperture yang berbeda, sementara S9 hanya menawarkan dua pengaturan yaitu aperture f/1.5 dan f/2.4. Sebagai perbandingan, Samsung S8 sebelumnya menggunakan aperture f / 1.7 tetap.

Jika dalam kondisi minim cahaya (low light) maka kamera S9 akan memilih aperture f/1.5 sehingga penangkapan cahaya menjadi maksimal dan foto terlihat bagus, namun jika dalam kondisi cukup cahaya (outdoor siang) maka aperture f/2.4 akan sangat cocok sehingga mengurangi cahaya yang masuk dan hasilnya pun bagus, tidak terlalu terang. 

Aperture mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera, tetapi itu juga mengubah seberapa lembut atau tidak fokus latar belakangnya. Efeknya kurang drastis pada smartphone karena ukuran sensornya yang lebih kecil. Itulah sebabnya aperture f/2.4 pada umumnya akan memotret gambar yang lebih tajam dari pada mode low light f/1.5.

Yap, mungkin ini sebagai langkah awal revolusi untuk kamera smartphone, jangan kaget dipertengahan atau akhir tahun 2018 ini bakal banyak yang menggunakan variable aperture juga. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa tinggalkan jejak anda pada kolom komentar 😊

referensi bacaan di sini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Variable Aperture, Apakah itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel