Cara Mengatasi No Internet Access Lengkap - Rufidea | Sharing and Tips

Cara Mengatasi No Internet Access Lengkap

Cara Mengatasi No Internet Access Lengkap - Sudah konek Wi-Fi atau ethernet tapi masih tidak bisa digunakan untuk internet? No Internet Access? Limited Connection? Hal-hal seperti itu tentu pernah kita alami sebagai pemakai PC windows. Umumnya hal tersebut terjadi karena salah pada IP Address, masalah pada DNS, Driver kurang beres atau masalah pada sumbernya (router). Berikut akan saya jelaskan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Klik Gambar untuk memperbesar

1. Pastikan menggunakan IP DHCP

IP DHCP adalah IP yang diberikan secara otomatis oleh server (router). Jadi kita tidak perlu setting IP manual. Caranya masuk ke Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change Adapter Settings


Lalu pilih koneksi yang sedang digunakan, klik kanan -> properties -> Internet protocol version 4 -> properties -> centang automatically semua. 



Restart PC dan apakah sudah berhasil internetnya? jika belum lanjut ke step berikutnya.

2. Reset Network Adapter

Langsung saja buka Command Prompt (CMD) dengan Run as Administrator. Caranya klik tombol Start lalu cari "cmd", kemudian klik kanan -> Run as Administrator (YES).


Setelah terbuka, ketikkan "netsh winsock reset" lalu tekan Enter. Lalu muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

Setelah itu restart PC dan seharusnya sudah bisa konek internet. Jika belum, kita akan ke tahap 3 yaitu masalah DNS.

3. Reset DNS
Seperti tahap sebelumnya, buka CMD dengan Run as Administrator. Kemudian ketikkan kode di bawah ini. Jangan lupa Enter setiap baris.
 ipconfig /flushdns
 ipconfig /registerdns
 ipconfig /release
 ipconfig /renew

Setelah itu restart PC. Jika masih belum jadi, segera update driver. Silahkan bertanya dan beri kritik serta saran pada kolom komentar. Semoga berhasil 😊

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Cara Mengatasi No Internet Access Lengkap "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel