Kenapa Badan Tetap Kurus Meskipun Makan Banyak? Ini cara mengatasinya - Rufidea | Sharing and Tips

Kenapa Badan Tetap Kurus Meskipun Makan Banyak? Ini cara mengatasinya


badan kurus


Berat badan merupakan suatu hal yang dirasa sulit untuk dikendalikan dan juga merupakan hal yang sensitif. Dan bagi sebagian orang, menaikkan berat badan itu sangat susah seperti yang saya alami. Rasanya sudah makan banyak, tapi kok beratnya masih segitu saja, hmm padahal melihat teman saya yang makannya gak banyak-banyak amat tapi badannya lebih berisi dari saya. Dari dahulu pertanyaan soal berat badan yang susah naik ini menjadi salah satu misteri yang sampai sekarang masih jadi pertanyaan. Tapi apa sih jawaban sebenarnya?

Mari kita bahas bersama, jadi penyebabnya antara lain:
1. Gizinya belum terpenuhi
2. Kurang olah raga
3. Pengaruh penyakit
4. Faktor lingkungan
5. Genetik yang paling menentukan.

Kemudian, bagaimana cara mengatasinya? Mudahnya, lewat makanan. Apakah harus makan terus sebanyak yang kita bisa? harus 6x sehari? belum tentu. Bagian dari makanan salah satu yang penting adalah kalori. Kalori itu seperti level energi yang harus kita penuhi supaya tidak lemas. Dari pada banyak makan karbohidrat dan lemak yang bisa bikin perut kita buncit seperti perut saya sekarang πŸ˜‚yang juga beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung. Jadi, kita harus banyak makan makanan yang berserat seperti buah dan sayur serta berprotein seperti ayam, telur, tempe, dll.


Olah raga tidak kalah penting dalam proses penggemukkan badan. Jangan lagi berpikiran "olah raga mulu nanti gak gemuk-gemuk", yaa tergantung olah raga apa dulu. Misalnya jogging. Walaupun selama ini kita jogging, ya memang bagus untuk jantung tapi kurang ampuh untuk membentuk otot. Jogging biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin badannya kurus. Jadi kita harus cari olahraga lain yang dapat mendukung badan supaya gemuk misalnya angkat beban supaya otot kita terbakar, dan asupan protein yang telah kita makan akan membentuk jaringan otot yang baru sehingga masa otot akan meningkat dan secara langsung berat badan akan naik πŸ˜€ seperti itulah caranya hehe.

Dari berbagai hal di atas, ada satu hal lain yang bikin kita susah gemuk atau justru gampang gemuk, yaitu bakteri di usus. Jadi, di dalam tubuh kita terdapat triliunan sel bakteri dan makhluk mikro lainnya yang disebut mikrobiota usus. Menurut para ahli, makhluk inilah yang mempengaruhi nafsu makan, jumlah gizi yang diserap tubuh, sampai makanan yang disukai.

Jadi, sekarang kita tahu kenapa angka di timbangan tidak naik-naik. Makanya sekarang olah raga yang teratur, makan makanan sehat dan jangan lupa istirahat agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat 😊

Bersumber dari Youtube channel "Kok bisa?" yang saya tulis ulang dengan pikiran sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Kenapa Badan Tetap Kurus Meskipun Makan Banyak? Ini cara mengatasinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel