Tips Memilih HP Android Sesuai dengan Kebutuhan - Rufidea | Sharing and Tips

Tips Memilih HP Android Sesuai dengan Kebutuhan

tips pilih HP

Tips Memilih HP Android Sesuai dengan Kebutuhan - HP atau smartphone merupakan kebutuhan penting bagi orang jaman sekarang terutama kids jaman now yang sedang dalam fase 'alay'. Namun pernahkan kita bingung ketika ingin membeli HP? Karena HP jaman sekarang itu sangat bermacam-macam terutama Android. HP yang bagus apasih? saya punya uang segini dapat HP apaan? Nah kali ini saya akan memberi tips untuk semua pertanyaan itu. 

Tentunya hal awal yang penting adalah tentukan kebutuhanmu dan budgetmu. Setelah itu baru pahami beberapa hal yang akan dibahas di bawah ini:

1. Prosesor dan GPU

Penjelasan mengenai Prosesor dan GPU dapat anda baca pada di link di bawah ini.


Setelah membaca link tersebut, bacalah tips memilih Prosesor dan GPU yang baik:
  • Saran saya pilih HP yang menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon atau Exynos. Karena prosesor tersebut paling populer pada saat ini dan banyak produk-produk HP baru memakai prosesor ini. Pilihan kedua adalah Prosesor Mediatek (MTK) atau Intel. Karena kebanyakan HP dengan chipset ini cenderung lebih terjangkau dan kompetitif.
  • Setelah itu pilihlah seri tertinggi Prosesor yang anda pilih, misalnya untuk Qualcomm Snapdragon saat ini adalah Snapdragon 845 yang terbaru dan terbaik. Kelas bawah seri 200 atau 400, kelas menengah seri 600 dan untuk kelas atas (flagship) memakai seri 800.

  • Prosesor dengan clock speed lebih tinggi, lebih baik misalnya 2,5 Ghz.
  • Lalu ada arsitektur prosesor seperti yang populer saat ini adalah Cortex A53 dan Cortex A57. 
  • Prosesor dengan fabrikasi yang kecil dan canggih. Contoh satuanya seperti 90nm, 65nm, 45nm, 40nm, dan 28nm, 14nm, 10nm. Semakin kecil maka semakin hemat daya.
  • Dan yang terakhir tentunya pilihlah prosesor core (inti) yang banyak. Mulai dari dualcore (2 inti), quad-core (4 inti), hexa-core (6 inti), octa-core (8 inti), deca-core (10 inti) dst.

2. RAM

Pilih RAM yang besar, karena RAM berguna untuk multitasking (membuka banyak aplikasi secara bersamaan). Jika RAM anda besar jangan takut untuk membuka banyak aplikasi dan game dalam satu waktu, semua akan berjalan dengan lancar. Perpindahan antar aplikasi akan lancar dan gak bakal lag

Tips memilih RAM:
  • Minimal untuk HP jaman sekarang ya 2 GB lah RAM-nya. Itu batas standar supaya bisa lancar digunakan untuk berbagai aplikasi jaman now.
  • Pilih RAM versi yang paling baru seperti LPDDR 3, LPDDR4 (lebih tinggi lebih baik).

3. Memory (Internal dan External)

Memory atau media penyimpanan juga merupakan hal penting. Hal ini harus dipikir matang-matang, karena kebutuhan setiap orang untuk menyimpan file atau game atau hal lain itu berbeda.

Tips memilih memory:
  • Pilihlah minimal HP yang Internal memory-nya 16 GB, itu standar HP jaman now.
  • Pilih HP yang mendukung slot Micro SD. Namun jika dirasa internal saja sudah cukup ya tidak jadi masalah.
  • Pilih HP dengan slot dual stanby (2 SIM + Micro SD) jangan Hybrid (1 SIM + 1 SIM atau Micro SD).

4. Kamera

Wah ini merupakan aspek yang sangat penting bagi sebagian orang, karena pada aktifitas sehari-hari kita tidak luput dengan momen yang perlu menggunakan kamera. Mencatat pelajaran saja menggunakan kamera 😁. 


Setelah membaca hal di atas, berikut tips memilih kamera:
  • Pilih kamera yang menggunakan sensor bagus, bukaan kamera lebar, dan megapixel tinggi.
  • Pilih kamera yang mempunyai EIS dan OIS.
  • Perekaman video dengan resolusi bagus.
  • Pilih kamera dengan Optical Zoom bukan Digital zoom.

5. Operating System (Sistem Operasi)

Sistem Operasi juga menjadi pertimbangan penting, karena semakin ke sini versi Android semakin bagus. Mulai dari hal performa dan tampilan atau User Interface (UI) yang baik dan enak digunakan. OS Android terbaru saat ini adalah versi Oreo (8.0).


Tips memilih OS:
  • Pilih OS terbaru, paling tidak untuk sekarang ya pilih Android Nougat (7.1).
  • Pilih pure Android (android one) karena HP akan lebih ringan dan tidak terlalu banyak memakan memory diibandingkan dengan custom Android dari brand HP misalnya MIUI (Xiaomi), Touchwiz (Samsung), ColorOS (Oppo) dan yang lainnya.
  • Pilih HP yang menyediakan pembaharuan (UPDATE OS) secara berkala sehingga tidak ketinggalan jaman.

6. Baterai 

Baterai juga masih menjadi perhatian bagi banyak orang walaupun sudah ada powerbank. Namun kebanyakan orang sekarang ingin simpel dan gak ribet. 

Tips memilih baterai:
  • Pilihlah HP dengan kapasitas yang besar minimal ya 3000 mAh untuk HP jaman now
  • Baterai yang menggunakan teknologi Lipo.
  • Suka HP yang bisa dilepas baterainya atau tidak?
  • Pilih HP dengan fitur fast charging karena fitur ini sangat bermanfaat.

7. Sensor

Banyak yang menghiraukan hal ini namun beberapa sangat berguna untuk aktifitas kita. Pilih HP dengan Sensor lengkap seperti sensor sidik jari (opsional), Accelerometer, Proximity, Gyroscope, Compass, Magnetic field (Magnetometer), Ambient Light, dan Sensor lainnya.

Nah setelah mengetahui hal di atas, sekarang tentukan mana saja yang perlu kita perhatikan sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya anda sukanya foto-foto, pilihlah HP yang kameranya bagus, penyimpanan besar dan baterai besar. Suka game? Pilih yang Prosesor dan GPU bagus, RAM besar dan baterai yang besar. Untuk kegiatan harian biasa, pilih saja yang nyaman, Android terbaru, RAM besar, desain bagus.

Nomer 8 baca ini: Layar LCD: TFT, IPS, Retina dan OLED: AMOLED, Super AMOLED

Bagaimana? apakah tulisan ini membantu anda? apakah ada yang ingin ditanyakan? silahkan isi di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Tips Memilih HP Android Sesuai dengan Kebutuhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel