Layar LCD: TFT, IPS, Retina dan OLED: AMOLED, Super AMOLED - Rufidea | Sharing and Tips

Layar LCD: TFT, IPS, Retina dan OLED: AMOLED, Super AMOLED

lcd ips tft oled amoled
Jenis layar Smartphone

Layar LCD: TFT, IPS, Retina dan OLED: AMOLED, Super AMOLED - Tahun 2018 ini banyak sekali keluaran smartphone dengan teknologi layar yang berbeda-beda. Dari jenis layar tersebut juga menentukan harga smartphone di pasaran karena masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. 

Ada 2 Jenis layar utama yaitu LCD dan OLED di mana yang lainnya adalah sub-jenis dari keduanya. Perbedaan yang mencolok dari kedua layar utama tersebut adalah pada kinerja dan konsumsi dayanya. 


Kali ini saya akan membahas mengenai layar LCD diantaranya TFT, IPS, Retina dan layar OLED diantaranya AMOLED, Super AMOLED. Saya urutkan mulai dari yang terendah yaitu:

A. Layar LCD 

LCD singkatan dari Liquid Crystal Display, di mana kita tahu bahwa teknologi ini dibuat dari elemen kristal cair yang masih bagus dilihat walaupun di bawah sinar matahari. Konsumsi daya pada LCD dapat dikatakan cukup irit sehingga LCD ini populer digunakan untuk perangkat-perangkat portable salah satunya smartphone. Ada 2 jenis LCD yaitu TFT dan IPS.

1. LCD TFT
LCD jenis ini adalah LCD yang paling umum digunakan pada perangkat portable. TFT juga banyak digunakan pada smartphone kelas bawah. TFT singkatan dari Thin Film Transistor memiliki keunggulan dari pada teknologi LCD sebelumnya diantaranya lebih irit daya, kinerja bagus dan resolusi tinggi. Kelemahannya ada pada sudut pandang yang sempit sehingga kita tidak dapat melihat layar dengan sudut yang ekstrim, harus dari depan bila ingin terlihat jelas.

2. LCD IPS
IPS (In-Place Switching) adalah jenis layar LCD premium yang biasanya digunakan pada smartphone kelas menengah ke atas. IPS menutupi kekurangan TFT sehingga kita dapat melihat layar daru sudut manapun, memiliki kinerja yang bagus dan konsumsi daya yang lebih rendah lagi. Kelemahannya ada pada biaya produksinya yang dapat dikatakan mahal.

3. Retina
Retina adalah jenis LCD IPS yang diperkenalkan oleh Apple sejak peluncuran iPhone 4. Retina tampil dengan resolusi yang lebih tinggi sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam dan jernih. Layar ini sangat enak dipandang mata dan tidak menimbulkan panas pada mata. 

B. Layar OLED

OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah teknologi baru yang lebih unggul dari LCD. OLED terdiri dari lapisan berbahan organik dan diapit oleh dua lapisan (katoda dan anoda), terjepit oleh plat lapisan atas dan bawah kaca. 

Dibandingkan LCD, OLED memiliki kinerja yang lebih baik, sudut pandang yang luas, kecerahan yang tajam, konsumsi daya rendah dan desain yang tipis. Perbedaan yang mencolok adalah pada saat menampilkan layar hitam. OLED akan menampilkan warna hitam pekat berbeda dengan LCD yang masih ada sedikit cahaya, karena pada OLED warna ditampilkan per-piksel dan jika warna hitam, piksel tersebut tidak akan menyala. Itulah sebabnya kenapa hitamnya terlihat pekat dan konsumsi daya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan LCD.

1. Amoled
Amoled (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan jenis dari layar OLED yang biasa digunakan pada smartphone kelas atas. Amoled pertama digunakan pada smartphone Samsung dan sampai sekarang kebanyakan smartphone yang menggunakan amoled adalah Samsung. Amoled sangat enak dipandang walaupun di bawah sinar matahari langsung dan memiliki respon yang bagus.

2. Super Amoled
Seperti yang kita duga, Super amoled merupakan jenis layar penerus dari amoled yang diperkenalkan dan dikembangkan oleh Samsung pada smartphone kelas atasnya. Hampir semua smartphone kelas atas Samsung mengguanakan jenis layar ini. 

Super amoled memiliki sensor layar sentuh tambahan yang terpisah sebagai tambahan fungsi pada layarnya. Layarnya lebih tipis, memiliki kinerja tinggi dan lebih responsif.

Seperti itulah jenis layar yang ada pada smartphone jaman now, jenis layar apa yang kamu pakai sekarang? tulis di kolom komentar ya 😊

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Layar LCD: TFT, IPS, Retina dan OLED: AMOLED, Super AMOLED"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel