Android P: Semua yang harus kamu tahu! - Rufidea | Sharing and Tips

Android P: Semua yang harus kamu tahu!


Baru-baru ini Google telah mengumumkan penerus dari Android Oreo yaitu Android P. Android ini masih dalam tahap pengembangan (beta) dan memelurkan beberapa tahap untuk siap diluncurkan. Fitur utama android Pie dibuat berdasaran AI (Artificial Intelligent) atau kecerdasan buatan. Jadi Android Pie akan mempelajari kebiasaan kamu dalam menggunakan smartphone dan menggunakannya untuk peningkatan experience pengguna. Kemungkinan nama Android P adalah Pistachio Ice Cream yang memiliki beberapa fitur baru yaitu
Update: Nama Android 9.0 resmi adalah Android Pie. Bukan Android Pistachio, Pecel,  Pentol dll.

1. Perubahan sistem navigasi

Seperti yang kita tau, sistem navigasi yang kita gunakan menggunakan tiga tombol yaitu tombol back, home dan recent app. Android P menggunakan sistem navigasi baru seperti pada gambar di atas yang bekerja sebagai berikut
  • Tombol home untuk kembali ke menu utama
  • Swipe up untuk membuka recent apps
  • Swipe up dua kali untuk membuka app drawer
  • Tombol back hanya muncul jika dibutuhkan saja.
Mungkin kombinasi tersebut masih membingungkan bagi kita, namun diharapkan nantinya kita dapat menyesuaikan dengan sistem navigasi tersebut. Tak perlu khawatir karena kita masih dapat menggunakan sistem navigasi yang lama dengan mengaturnya pada menu setting.

2. User Interface yang berwarna dan rounded


Tidak banyak perubahan 'drastis' efek visual yang terjadi dari Android Oreo, namun ada beberapa elemen yang terasa berbeda. Pertama, yaitu warna-warni pada menu setting dan berikutnya adalah tampilan melingkar (rounded) pada quick setting dan beberapa menu lainnya. Selain itu, pengalaman penggunaan mulai dari animasi dll akan dirasakan ketika menggunakan Android ini.

3. Adaptive Battery


Seperti adaptive screen brightness pada Android sebelumnya, kini Android P menyediakan fitur baru yaitu adaptive battery yang dapat memaksimalkan penggunaan baterai dengan cara membatasi penggunaan CPU untuk aplikasi yang jarang digunakan. Google mencatat bahwa mode ini dapat mengurangi penggunaan CPU sebanyak 30% sehingga baterai lebih hemat.

4. Beberapa hal kecil lainnya
Selain hal di atas, terdapat perubahan-perubahan kecil pada Android P, diantaranya:
  • Terdapat screenshot editor
  • Multi-Camera, yaitu penggunaan kamera depan dan belakang secara bersamaan
  • Perbesaran text seperti pada iPhone
  • Garis volume muncul di sebelah kanan layar tidak lagi di atas
  • Do not disturb lebih mudah diatur dan digunakan. Mematikan semua notifikasi secara keseluruhan.
  • Tampilan "notch" buatan
  • Fitur smart reply pada gmail

Kemungkinan besar Android P official build akan rilis pada bulan Agustus 2018. Jadi, itulah beberapa info mengenai Android P yang saya ketahui. Tambahkan fitur lain di kolom komentar jika ada. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Android P: Semua yang harus kamu tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel