Manfaat dan Dampak Buruk Bermain Game yang harus Kamu Tahu - Rufidea | Sharing and Tips

Manfaat dan Dampak Buruk Bermain Game yang harus Kamu Tahu



Manfaat dan Dampak Buruk Bermain Game yang harus Kamu Tahu - Bermain game merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian besar orang baik anak-anak atau orang dewasa, karena ada juga beberapa orang yang tidak suka atau tidak mengerti game. Pada 2018 ini, game yang paling sering dimainkan adalah game online terutama game pada smartphone seperti Mobile Legends, PUBG Mobile dan yang lainnya.

Namun apa kamu tau dampak bermain game baik yang positif atau negatif? Karena yang orang tau adalah hanya dampak negatifnya saja. Mari kita bahas bersama.

MANFAAT


1. Mengurangi Stress



Ketika kita banyak pikiran, tidak jarang dari kita ada yang bermain games untuk menghilangkan pikiran sejenak. Karena dengan bermain game tubuh menjadi relaks dan tenang karena perubahan hormon pada tubuh. 

2. Menambah relasi



Dengan bermain game terutama game online, kita bisa mendapat teman baru dalam game tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan menjadi teman di dunia game tersebut kita juga dapat berteman di dunia yang sebenarnya jika memungkinkan. 
Bermain game juga dapat memudahkan kita dalam mencari teman baru. Misal kita baru saja memasuki dunia sekolah/kuliah/kerja dengan lingkungan baru dan juga orang-orang baru. Dengan topik game, kita dapat dengan mudah akrab dengan orang baru di dunia tersebut asal kita masih satu bahasan.

3. Jago Bahasa Inggris

Tidak dipungkiri bahwa orang yang sering bermain game cenderung jago berbahasa Inggris. Karena setiap game yang mereka mainkan menggunakan bahasa Inggris sehingga secara tidak langsung mereka bermain sekaligus belajar bahasa Inggris. Saya sendiri ketika tidak mengerti apa arti dalam game itu, saya langsung mencari tahu dengan google translate sehingga lama-lama kosa kata yang saya mengerti akan lebih banyak.

4. Koordinasi Mata dan Tangan



Banyak game yang menggunakan kecepatan dan ketepatan, sehingga dapat meningkatkan ketangkasan kita yang secara tidak langsung dapat berguna dalam aktifitas kita sehari-hari. Selain itu, banyak kegiatan lain untuk meningkatkan ketangkasan selain bermain game namun cenderung tidak disenangi.

5. Kesabaran terlatih

Kesabaran adalah hal yang memang diperlukan oleh gamer di mana rata-rata gamer belum dapat mengontrol emosinya hehe. Terutama dalam bermain game online katakan saja game MoBa, jika kita bermain solo pasti dituntut untuk sabar baik dalam hal teman yang noob atau teman yang 'bacot'. Di sinilah kesabaran kita di uji, jangan sampai emosi karena omongan-omongan 'bocah' tadi karena akan memperngaruhi pola bermain kita. Hal lain juga terjadi ketika koneksi tidak stabil sehingga lag. Tidak hanya pada game online, game offline juga banyak yang melatih kesabaran misalnya Cat Mario atau Flappy Bird. Sekali lagi harus sabar.


DAMPAK BURUK


1. Kecanduan



Game mempunyai sifat adiktif yaitu candu bagi penikmat game karena game membuat kita menjadi relaks dan senang. Tapi tolonglah jangan terlalu berlebihan dan bermainlah sewajarnya. Ingat banyak kegiatan lain yang lebih bermanfaat untuk menghabiskan waktumu.

2. Lupa Waktu dan Kewajiban



Ini merupakan dampak yang cukup berat menurut saya karena kadang jika kita sudah enjoy bermain maka akan lupa akan kewajiban dan hal penting lain di 'dunia yang sebenarnya'. Terutama untuk orang muslim, game dapat membuat kita menunda-nunda waktu sholat dan tak jarang banyak gamer yang meninggalkan sholat karena lebih mementingkan rank di game. Tak sadar banyak sekali waktu yang kita buang, coba hitung saja dalam satu minggu kira-kira berapa lama kita menghabiskan waktu untuk bermain game?

3. Kurang Tidur



Kok kurang tidur sih? Iya kan kebanyakan anak jaman sekarang main hingga malam, begadang sampai pagi. Apalagi anak warnet, sudah biasa mereka bermain hingga malam atau mengambil paket happy hour yaitu paket malem hingga pagi. Apalagi saat liburan, seringkali kita mengabaikan rasa kantuk karena serunya bermain game.

4. Susah berinteraksi di Dunia Nyata



Ini saya tekankan untuk gamer sejati yang bener-bener dia itu bermain game all day, seharian di kamar menghabiskan waktunya bermain game, sering membeli package atau item di game yang dia mainkan karena memang "fanatik" terhadap game. Karena keasyikan pada dunianya sehingga lupa bahwa kehidupan sebenarnya itu nyata.

Jadi itulah beberapa point manfaat dan dampak buruk bermain game menurut pengalaman dan pengamatan saya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat dan Dampak Buruk Bermain Game yang harus Kamu Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel