Hal yang perlu dilakukan setelah instal windows 10 supaya tidak lemot - Rufidea | Sharing and Tips

Hal yang perlu dilakukan setelah instal windows 10 supaya tidak lemot


Hal yang perlu dilakukan setelah instal windows 10 supaya tidak lemot - Setelah instal windows 10, beberapa dari kita pasti ada yang merasa laptop/PC nya menjadi lemot, padahal kondisi masih fresh setelah instal ulang. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi hal tersebut. 

Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain:

1. Update Windows
Hal ini jelas harus dilakukan, karena windows 10 yang baru saja diinstal belum termasuk driver yang dibutuhkan oleh PC kita. Setelah update, langsung saja kita restart dan lanjut ke tahap kedua.

2. Instal Software Pokok
Laptop/PC yang kita gunakan paling tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Instal software pokok yang diperlukan sebagai kebutuhan utama misalnya Microsoft Offices, Media Player, Winrar atau Bandizip, dan Power Iso.

3. Antivirus cukup Smadav dan Windows Defender
Menurut saya menggunakan Windows Defender sebagai antivirus utama sudah cukup baik dan efisien, karena pada windows 10 tidak perlu antivirus yang muluk-muluk cukup dengan pelengkapnya yaitu Smadav untuk scan ringan atau mencari hidden files. Menginstal antivirus lain misalnya Avast, Bitdefender, Kaspersky dan sejenisnya menurut saya akan sangat memberatkan kinerja PC. 

4. Disable Windows Update 
Setelah windows sudah dalam posisi terbaru dan terbaik, saran saya disable saja dulu windows update-nya untuk performa windows yang lebih baik. Karena sering sekali windows update ini bekerja dibelakang layar dan memakan banyak resources baik dari CPU maupun Disk sehingga laptop/PC kita lemot. 

5. Hapus Folder Instalasi Windows yang Lama
Jika kamu sebelumnya memakai windows selain windows 10, maka akan ada folder windows.old pada directory C: kamu. Untuk menghapusnya kita tidak dapat menghapusnya secara langsung. Caranya adalah dengan Disk Cleanup. Untuk cara Disk Cleanup dan langkah selanjutnya baca artikel di berikut 


Jadi itulah hal yang perlu dilakukan setelah instal windows 10 supaya tidak lemot. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hal yang perlu dilakukan setelah instal windows 10 supaya tidak lemot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel