Jenis-Jenis Jack Audio 3.5mm dan Kegunaannya - Rufidea | Sharing and Tips

Jenis-Jenis Jack Audio 3.5mm dan Kegunaannya


Jenis-Jenis Jack Audio 3.5mm dan Kegunaannya - Mendengarkan musik merupakan sebagian dari hidup manusia dan hampir semua orang tidak lewat dari musik. Musik paling mudah didengarkan melalui smartphone menggunakan headset, earphone dll. Dari beberapa alat tersebut, kita tidak lepas dari yang namanya Jack Audio karena hampir semua smartphone sekarang menggunakan jenis Jack Audio 3.5mm di mana jack ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan pendahulunya. 

Saya pernah membeli earphone dan setelah saya coba di smartphone saya ternyata bunyinya samar-samar tidak jelas sama sekali, namun di salah satu smartphone milik teman saya berfungsi normal. Kenapa? ternyata salah satu penyebabnya adalah jumlah ring yang ada pada jack audio ternyata berbeda-beda dan waktu itu saya membeli tipe TRS. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut.
Ada beberapa jenis jack audio 3.5mm yaitu TS, TRS dan TRRS di mana masing-masing jenis mempunyai kegunaan yang berbeda.
Gambar diambil dari belajarelektronika.net


1. Jack Audio 3.5mm tipe Tip-Sleeve (TS)
Jack Audio tipe 3.5mm Tip-Sleeve (TS) mempunyai dua buah konduktor yaitu Tip dan Sleeve. Konduktor Tip untuk signal audio (mono) dan konduktor Slevee untuk ground. Hal tersebut yang menyebabkan jack ini mempunyai output mono di mana suara pada headphone kanan dan kiri sama. Jack Audio ini juga biasa digunakan pada microphone atau perangkat audio (mono) lain.

2. Jack Audio 3.5mm tipe Tip-Ring-Sleeve (TRS)
Jack Audio tipe 3.5mm tipe Tip-Ring-Sleeve (TRS) mempunyai 3 konduktor yaitu konduktor Tip, Ring, dan Sleeve. Jack Audio ini sudah mendukung audio stereo namun belum disertai microphone. Konduktor Tip untuk headphone sebelah kiri, Ring untuk headphone sebelah kanan, dan Sleeve untuk ground. Jadi TRS dapat memutar suara stereo namun tidak mendukung microphone untuk telefon.

3. Jack Audio 3.5mm tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve)
Yang terakhir adalah Jack Audio 3.5mm tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve). Jack ini mempunyai 4  konduktor yaitu 1 Tip, 2 Ring, dan 1 Sleeve. Jack ini paling populer dan banyak digunakan karena jenis ini paling lengkap fiturnya. Seperti TRS namun sudah dilengkapi dengan microphone sehingga dapat digunakan untuk panggilan telefon.

Jadi itu tadi jenis-jenis Jack Audio 3.5mm dengan masing-masing fungsinya. Semoga menambah ilmu dan bermanfaat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Jack Audio 3.5mm dan Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel