Mengenal 3 Jenis Lisensi Windows: Retail, OEM dan Volume - Rufidea | Sharing and Tips

Mengenal 3 Jenis Lisensi Windows: Retail, OEM dan Volume


Mengenal 3 Jenis Lisensi Windows: Retail, OEM dan Volume - Salah satu hal yang dilakukan ketika kita selesai merakit PC atau membeli laptop yang masih "kosongan" adalah menginstal windows. Windows yang kita instal itu lisensinya apa? saya beli windows murah itu ORI atau tidak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita mengenal 3 jenis lisensi windows. Langsung saja:

1. Retail (Full package product)

Windows dengan lisensi retail bisa didapatkan di Microsoft Store atau toko retail yang menjual secara resmi. Windows ini biasanya berupa produk fisik seperti pada gambar di bawah. Terdapat box windows yang berisi DVD atau Flashdisk yang berisi instalan windows, manual book dan product key untuk aktivasi. Kalau kamu membeli secara online mungkin hanya dapat product key saja dan windowsnya download sendiri.


Kelebihan:
- Lisensi bisa dipindah ke PC lain.
- Jika bermasalah dengan aktivasi tinggal instal ulang windowsnya.
- Full support dari microsoft. Jika terdapat masalah tinggal hubungin CS microsoft.

kekurangan:
- MAHAL : 1,5-3 jutaan tergantung windowsnya. 

Sebagai orang yang baik, sebenarnya kita harus pilih lisensi ini untuk mendapatkan windows yang ORI, legal dan etis. Jika sekarang belum mampu ya nanti tunggu waktu saja 😂

2. OEM (Original Equipment Manufacture)

Windows dengan lisensi OEM biasanya sudah "menempel" di hardware (PC atau laptop) sejak pertama kali kita membelinya. Tidak jarang laptop sekarang yang dijual dengan windows yang sudah siap pakai di dalamnya, itu adalah lisensi OEM. 

kelebihan:
- Jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan lisensi Retail.

kekurangan:
- Lisensi tidak bisa dipindah ke PC lain karena sudah "menempel" di PC atau laptop yang bersangkutan dan tidak dapat support dari microsoft karena lisense-nya dipegang sama brand PC atau laptop tersebut. Jika terjadi masalah ya lapornya ke brand yang bersangkutan.

3. Volume

Windows dengan lisensi Volume biasanya diberikan kepada bisnis dan perusahaan yang mempunya PC yang banyak. Microsoft hanya menjual lisensinya saja, dan harga tergantung dari deal antara pemilik perusahaan tersebut dengan microsoft karena ini "borongan".

Jadi itulah penjelasan mengenai 3 jenis lisensi windows. Lalu bagaimana caranya kita mengetahui lisensi pada windows yang kita pakai? Caranya adalah:

- Buka Command Prompt dengan Run as Administrator, ketik 'slmgr.vbs /dli' lalu ENTER


Kemudian akan muncul jendela seperti pada gambar di atas. Dapat dilihat pada garis kuning tersebut adalah versi lisensi yang saya pakai.

Kembali ke pertanyaan awal. Windows yang dijual murah itu sebenarnya lisensinya apa? ORI atau tidak?
Berdasarkan penjelasan di atas, lisensinya yang jelas bukan Retail. jadi kemungkinan hanya OEM, Volume, atau Retail yang dicuri (hack). Tapi yang jelas barang itu ORI karena lisensinya asli dikeluarkan oleh microsoft. Hanya saja cara mendapatkannya saja yang mungkin tidak legal. 

Apa yang terjadi apabila kita tidak menginstal lisensi windows? tidak terdapat banyak perbedaan sebenarnya. Berikut beberapa kekurangan windows yang belum diaktifasi:
- Pada pojok kanan bawah layar terdapat watermark activate windows.


- Tidak dapat melakukan personalisasi PC seperti ganti wallpaper, lock screen dll.

Sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi pada kolom komentar di bawah. Jika saya bisa jawab akan saya balas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal 3 Jenis Lisensi Windows: Retail, OEM dan Volume "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel