Mengenal Android One, buat orang yang gak gampang bosen? - Rufidea | Sharing and Tips

Mengenal Android One, buat orang yang gak gampang bosen?

Logo Android One
Mengenal Android One, buat orang yang gak gampang bosen? - Seperti yang kalian tau bahwa bahasan-bahasan mengenai android memang sangat luas dan agak membingungkan. Android yang sejatinya open source ini disajikan dengan kustomisasi yang berbeda-beda oleh brand-brand smartphone. Mulai dari segi tampilan hingga aplikasi-aplikasi bawaan yang mereka sertakan pada custom android yang mereka buat. Berikut adalah contoh custom android dari beberapa brand terkenal di Indonesia:

1. MIUI dari Xiaomi
2. Samsung Experience dari Samsung
3. ZenUI dari Asus
4. ColorOS dari Oppo
5. EMUI dari Huawei dan Honor
6. OxigenOS dari OnePlus, dll

Dari sinilah perbedaan-perbedaan 'rasa' android pada masing-masing brand yang membuat ciri khas dari brand itu sendiri. Jadi, kita pasti tau bahwa ini pasti 'brand A' ini pasti 'brand B' hanya dengan memakai smartphone tersebut tanpa melihat merk pada casing-nya.

Lalu, apa itu Android One?


Android One secara sederhana bisa dikatakan sebagai 'custom rom' dari google seperti pada brand smartphone. Dikutip dari wikipedia, Android One adalah standar penggunaan Android, sistem operasi perangkat seluler dari Google, dengan target para pengguna baru telepon pintar Android di negara-negara berkembang. Android One mirip dengan pure Android dengan minim perubahan pada tampilan antarmuka, sudah sepaket dengan aplikasi-aplikasi dari google, tidak ada bloatware atau service lainnya.

Pada umumnya Android One bekerja sama dengan brand-brand smartphone untuk merilis smartphone mereka dengan sistem operasi Android One dari google. Misalnya Xiaomi MI A1 dan MI A2, GM8, HTC U11 life, dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah menghasilkan produk smartphone dengan standart google. Jadi semua smartphone yang menggunakan Android One walaupun dari brand yang berbeda, pasti akan memiliki tampilan dan pengalaman penggunaan yang sama begitu juga dengan aplikasi yang ada di dalamnya.

Sekarang kita sudah mengerti apa itu Android One, jadi jangan sampai salah mengira bahwa Android One merupakan salah satu dari sekian banyak versi Android seperti Android Nougat, Android Pie, dsb, tapi ini adalah sistem operasi mirip android murni yang menggunakan standart google.

Lalu apa kelebihan  Android One jika dibandingkan dengan custom rom yang lain:
1. Simpel. Pengalaman penggunaan dari android murni lebih cepat dan tidak 'neko-neko'.
2. Karena Android One ada pada beberapa brand smartphone, sehingga saat kita ingin beralih dari device Android One brand A ke brand B pasti bakal langsung familiar dan tidak 'kagok' menggunakan device tersebut.
3. Sangat minim bloatware (bahkan tidak ada) dan aplikasi duplikat. Seperti biasanya pada smartphone tertentu kan sudah ada playstore, namun masih ada saja aplikasi 'store' yang lain.

main game HP

4. Performa lebih ringan dan stabil karena Android One menggunakan tampilan yang simpel, android murni, dan minim bloatware.
5. Update Software yang terjamin. Walaupun pada kenyataannya beberapa brand smartphone yang menggunakan Android One lambat merilis update tetapi Android One telah terjamin akan mendapat update rutin dari google terutama security patch.

Kekurangan:
1. Beberapa custom android dari brand-brand smartphone seperti MIUI dan lainnya memiliki fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Android One di mana fitur-fitur tersebut memang berguna dan dibutuhkan bagi sebagian orang. 

*Tambahan dari netizen budiman pada salah satu komentar di Youtube*

Jadi ada dua tipe OS Android yaitu pure Android dan Android versi OEM. 

Pure android terbagi lagi jadi 3 yaitu:
1. Android yang benar-benar murni dari google (contohnya Google Pixel dan dulu ada Google Nexus) dan benar-benar murni tanpa bloatware.
2. Android One, hasil kerjasama google dengan brand tertentu (contohnya dengan Xiaomi ada MIA1, dengan Nokia ada 6.1 plus) tapi android one ini masih bawa aplikasi bloatware khas brand tersebut. MIA1 contohnya, masih ada infrared buat remote. Aplikasi kameranya bukan Google camera. 
3. Android GO. Android murni tapi untuk entry level, aplikasinya didalamnya versi lite. Smartphone nya pun dengan spek dibawah menengah. 

Ketiganya punya kesamaan, sama-sama diawasi untuk updatenya oleh google dan dibuat dengan UI android murni tanpa kustomisasi apapun.

Sekian beberapa penjelasan yang dapat saya share, diskusikan pendapat kalian pada kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Android One, buat orang yang gak gampang bosen?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel