HP kencang dengan RAM besar? HP bagus RAM nya besar? Pembahasan singkat - Rufidea | Sharing and Tips

HP kencang dengan RAM besar? HP bagus RAM nya besar? Pembahasan singkat


HP kencang dengan RAM besar? HP bagus RAM nya besar? Pembahasan singkat - Pertama kali kita bahas dulu apa itu RAM? RAM kepanjangan dari Random Access Memory yaitu sebuah memori yang membantu prosesor dengan cara menyimpan data sementara sehingga pemrosesan terjadi lebih cepat. Jadi peran RAM di sini adalah membantu prosesor untuk mempercepat pekerjaannya atau istilahnya asisten, kecepatan aslinya ya tergantung jenis prosesor yang dipakai.

Ingin mulus bermain game besar? RAM besar tidak terlalu berpengaruh kok, HP dengan RAM 6 GB dan 3 GB ya sama aja mulusnya. Untuk bermain media sosial, browsing, youtube, dll ya sama saja tidak terlalu terasa bedanya. Jadi buat apasih RAM yang besar itu kalau tidak berpengaruh ke performanya?
orang berfikir

Masih banyak orang yang berfikir kalau RAM tinggi = performa tinggi. Iya tidak? karena tidak jarang teman-teman saya pun berfikiran demikian terutama kaum hawa. Dan hal yang kedua yang ditanyakan adalah besar Megapixel kamera untuk mengukur bagus tidaknya kamera HP. hmm itu sih masih keliru.

Pembahasan mengenai Megapixel kamera bisa kamu lihat di link di bawah

Dan untuk RAM mari kita bahas dengan analogi sederhana yang saya kutip dari channel Youtube: GadgetIns

meja ibarat RAM
Meja

Lemari buku ibarat Memori internal
Lemari/ rak buku
Dari gambar di atas dapat kita lihat bahwa RAM 6 GB diibaratkan meja yang sangat luas. Rak buku adalah memori internal HP untuk menyimpan aplikasi. Semakin besar memori internal yang dipakai maka akan semakin banyak buku yang dapat kita simpan. Dan kotak yang berwarna warni adalah buku dengan berbagai ukuran besar dan kecil yaitu seperti aplikasi yang ada pada HP kita.

Ketika tidak dipakai, buku akan tersimpan di rak buku, dan ketika dipakai buku akan diletakkan di meja seperti pada gambar di bawah.



Begitu juga aplikasi, ketika aplikasi tidak dipakai maka dia akan disimpan di memori internal dan ketika dipakai, dia akan ditempatkan di RAM. Besarnya buku pun bermacam-macam, ada yang besar ada yang sedang dan kecil. Semakin banyak kita menggunakan buku maka akan semakin penuh meja kita. Jadi seperti itulah jika kita tidak menutup aplikasi kita, maka RAM akan penuh.

Kalau kita sedang membaca banyak buku kan bakal lebih simpel kalau buku yang kita baca belum selesai, kita taruh dulu di atas meja. Pasti akan lebih hemat waktu dari pada buku yang belum selesai dibaca kita tutup terus dimasukkan ke rak buku, pas mau baca lagi kita ambil lagi dari rak, itu kan lebih ribet dan butuh waktu. Ya semakin besar meja, semakin banyak buku yang bisa kita taruh di atasnya, lebih hemat waktu lah dari pada harus bolak balik ke rak.

Multitasking: membuka banyak aplikasi secara bersamaan dengan cara menyimpannya di background

Prinsip RAM juga begitu, kalau kita sedang membuka banyak aplikasi kan bakal lebih simpel kalo aplikasi yang kita buka ditaruh dulu di RAM supaya dia tetap berjalan meskipun kita buka aplikasi lain, dari pada aplikasinya kita tutup lalu kita membukanya dari awal lagi, harus loading lagi kan ribet. Semakin besar RAM maka semakin banyak aplikasi yang dapat kita biarkan berjalan di background

Apakah ukuran meja yang besar tadi berpengaruh terhadap kecepatan baca kita? ya jelas tidak. Mau mejanya kecil atau besar, kecepatan membaca ya tergantung prosesor HP-nya atau ibaratnya otak kita, seberapa kencang kita membaca bukunya, atau seberapa kencang aplikasi itu bisa dijalanin prosesornya. RAM yang besar juga bukan jaminan pindah-pindah aplikasi bakal lebih lancar sih, karena masih ada faktor Sistem Operasi atau dalam hal ini dapat kita sebut kedisiplinan kita. Misalnya meja sudah besar tapi Sistem Operasinya kacau, bukunya pasti bakal diatur sembarangan seperti pada gambar di bawah.

Buku berantakan karena Sistem Operasi yang buruk

Jadi meja besar juga percuma jika kita ngatur bukunya nggak rapi malah bikin berantakan dan bikin lag. Ada juga yang sistem operasinya terlalu rajin, mejanya besar tapi bukunya sering diberesin duluan walaupun belum penuh mejanya. Kalau gitu meja sebesar apapun jadi percuma.

Kesimpulannya apakah RAM besar bikin main game tambah kenceng, sosmed tambah kenceng? tidak. Apakah RAM besar bikin kecepatan buka aplikasi menjadi cepat? itu masih tergantung Sistem Operasinya.

Oke jadi begitulah tadi pembahasan analogi singkat mengenai RAM dan kecepatan HP. Semoga dapat ditangkap dengan baik dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "HP kencang dengan RAM besar? HP bagus RAM nya besar? Pembahasan singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel