Tips supaya laptop kita awet bertahun-tahun - Rufidea | Sharing and Tips

Tips supaya laptop kita awet bertahun-tahun


Tips supaya laptop kita awet bertahun-tahun - Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai baterai laptop supaya tahan lama. Dan sekarang mari kita bahas bagaimana caranya agar laptop kita lebih awet bertahun-tahun dan tidak sering diservice. Tips yang saya share kali ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, teman-teman saya serta browsing dari internet. Langsung saja ke pembahasan:

1. Jangan berlari dengan membawa laptop


berlarian ke kelas
Sumber: mystupidtheory.com
Hal ini sering terjadi pada pelajar sekolah ataupun mahasiswa. Hapuslah kebiasaan berlari-lari jika kita sedang menggendong tas yang berisi laptop, terutama yang laptopnya masih menggunakan Hardisk bukan SSD. Karena pernah ada kejadian, teman saya telat kuliah sehingga dia berlari masuk ke kelasnya dan setelah di kelas tiba-tiba laptopnya sudah corrupt datanya. Setelah diselidiki memang hardisknya yang rusak sehingga perlu diganti.

2. Jangan taruh tas sembarangan


tas laptop

Masih soal hardisk, jika kita taruh tas sembarangan misal dengan melemparnya, atau dengan posisi taruh yang terbalik dsb, hal tersebut bisa berakibat fatal. Sama seperti kasus pada nomor 1, hardisk kita yang kena nantinya. Jadi taruhlah tas dengan pelan dan baik jika di dalamnya ada laptop, seperti pada gambar di atas.

3. Jaga suhu laptop



bermain laptop di atas kasur

Kita harus upayakan suhu laptop tetap dingin, syukur di ruang ber-AC. Jangan sampai menggunakan laptop di atas mouse pad, kasur, bantal, selimut atau benda2 lain yang permukaannya lembut. Karena  hal tersebut dapat memblokir sirkulasi udara pada ventilasi laptop. jika ventilasi ke blokir maka laptop menjadi panas dan baterai pun bisa rusak. Kalau main laptop ya di meja masa di ranjang hehe.

4. Jaga kebersihan laptop

van-laptop-kotor
sumber: vazgaming.com
Hal yang sering terabaikan oleh kita adalah soal kebersihan terutama jika kita bermain laptop di atas permukaan yang kotor. Hal tersebut jika dibiarkan, lama-kelamaan debu akan masuk ke dalam ventilasi kipas dan menumpuk di sana. Hal tersebut menyebabkan laptop kita panas karena ventilasi terblokir oleh debu yang menumpuk. Jika laptop kalian sering overheat dan mati sendiri, ada kemungkinan laptop kalian sangat kotor terutama pada kipasnya sehingga perlu dibersihkan bisa ke tempat service.

5. Memisahkan penyimpanan laptop



Jika kita tidak mempunyai tas yang ada tempat khusus untuk laptop, maka gunakanlah tas lain untuk memisahkan laptop kita dengan barang bawaan lain. Jangan sampai laptop dijadikan satu tempat dengan barang bawaan kita. Mereka akan saling beradu jika sudah dibawa bepergian. Hal tersebut akan menyebabkan laptop akan banyak luka, banyak bekas-berkas lecet.

Dan sebagai pengingat, jangan menyimpan laptop pada posisi bawah sehingga tertindih barang bawan lain di atasnya. Saya pernah mengalami hal tersebut, dan hasilnya LCD laptop saya pecah sehingga harus diganti.

6. Jangan mencabut USB dengan digoyang pada port laptop 


Hal ini sering terjadi pada aktifitas sehari-hari ketika USB susah sekali keluar dari port laptop dan akhirnya digoyang deh. Sebenarnya hal tersebut harus dihindari karena jika sudah digoyang lama kelamaan port-nya akan makin longgar dan efeknya mungkin tak akan baik kedepannya. Bisa jadi tidak sensitif lagi yaitu ketika kita colok USB, dia tidak langsung terdeteksi.

Jadi, ketika ada USB pada port yang susah dicabut, upayakan tarik lurus dengan sekuat tenaga dan jangan sampai digoyang-goyang. Itulah cara yang benar.

7. Sleep tidak masalah


Ada mitos katanya kalau kita sleep laptop itu akan berdampak buruk pada laptop. Sebenarnya hal tersebut tidak akan merusak laptop. Bertahun-tahun saya sering sleep laptop saya dan tidak ada hal buruk terjadi. Menurut artikel yang pernah saya baca, sleep itu sebenarnya hanya membiarkan RAM kita mempunyai daya, karena ketika RAM itu tidak dapat listrik dia akan terhapus isinya. Jadi dalam kondisi sleep itu satu-satunya komponen yang menyerap listrik hanyalah RAM sedangkan Hardisk dalam posisi idle

Kesimpulannya sleep is okay. Jadi begini saja. Jika ada pekerjaan yang belum selesai, terus kita harus pindah tempat itu mending kita sleep saja. Tapi kalau laptop itu kita tinggal tidur atau ditinggal untuk waktu lama sebaiknya di shutdown saja. Oke?

Jadi, itulah beberapa tips supaya laptop kita awet tidak gampang rusak. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Tips supaya laptop kita awet bertahun-tahun"

  1. laptopku panas terus, kayaknya disimpen telor diatasnya mateng tuh telor

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. waduh gan, bisa multifungsi dong hihi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel