Hal-hal yang menyebabkan baterai HP kamu cepat habis - Rufidea | Sharing and Tips

Hal-hal yang menyebabkan baterai HP kamu cepat habis


Hal-hal yang menyebabkan baterai HP kamu cepat habis - Baterai merupakan jantung dari sebuah HP. Jika tidak ada baterai maka HP tersebut tidak dapat menyala alias mati. Hal yang paling sering dibicarakan mengenai baterai adalah daya tahannya, boros atau awet, normal atau rusak.

Banyak sekali orang yang menggunakan HP tanpa memperhatikan perawatan baterai HP-nya dan juga tanpa mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi daya tahan baterai. 

"Kenapa sih HP temenku kok baterainya lebih awet dari pada HP-ku padahal HP-nya samaan."

Oleh karena itu di sini akan dibahas hal-hal yang menyebabkan baterai HP kamu cepat habis atau boros. Langsung saja:

1. Lubang Charger yang kotor


Kamu harus rutin membersihkan lubang charger HP karena memang sangat rawan kotor oleh debu ketika kamu gunakan di luar ruangan. Hal tersebut dapat menyebabkan pengisian daya baterai menjadi tidak efisien karena lubang yang kotor. Dalam jangka waktu yang lama, pengisian daya yang tidak efektif tersebut juga dapat memperpendek umur baterai.

2. Wallpaper HP yang cerah atau colorful


Mungkin ini bisa menjadi penyebab HP kamu menjadi boros. Kamu pasti sering membuka homescreen dalam menggunakan HP, misal selesai membuka aplikasi, mau telfon atau sms, dsb. Dengan wallpaper yang cerah maka hal tersebut tidak sedikit menguras baterai karena penggunaannya yang sering. Hal yang sama berlaku juga untuk wallpaper bergerak. Oleh karena itu disarankan menggunakan wallpaper dengan warna hitam-putih. Tidak hanya membuat HP kamu menjadi cool dan elegan tapi juga dapat membuat baterai kamu lebih awet.

3. Kamu terlalu sering pegang HP


Ini dikhususkan untuk kamu yang sering bepergian di cuaca yang panas. Ketika di luar rumah, sebaiknya kamu simpan dulu HP di saku celana atau tas. Hindari HP dari sinar matahari langsung karena hal tersebut dapat membuat HP menjadi cepat panas dan berimbas pada baterai yang overheat.


Apalagi bermain HP di tengah teriknya matahari. Kalau mau mabar sebaiknya di dalam ruangan saja jangan dipinggir jalan. Lebih baik lagi jika di dalam ruangan ber-AC

4. Aplikasi tidak ditutup


Penggunaan aplikasi HP secara bersamaan (multitasking) lebih mengkonsumsi banyak daya baterai. Jadi alangkah baiknya ketika kamu selesai menggunakan HP, kamu bersihkan recent app atau pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Saya sarankan menggunakan aplikasi Greenify. 

5. Terlalu banyak notifikasi


Notifikasi memang penting untuk memberitahu kita semua hal sehingga tidak ketinggalan info atau pesan penting. Tapi di sini perlu kamu ketahui bahwa notifikasi juga dapat menguras baterai karena setiap ada notifikasi HP kita akan menyala atau berbunyi bahkan bergetar. Oleh karena itu pilihlah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan notifikasinya, jadi tidak ada lagi notifikasi yang tidak penting muncul di HP kamu.

6. Layar dengan kecerahan maksimal


Jika kamu ingin baterai awet ya jangan maksimalkan brightness atau kecerahan HP. Gunakanlah dengan bijak, senyaman mata kamu memandang dengan brightness yang kecil, paling tidak maksimal 40% untuk penggunaan di dalam ruangan. Dan juga jangan coba gunakan kecerahan maksimal pada saat di luar ruangan atau di bawah sinar matahari.

7. Volume maksimal


Hal ini ditujukan buat kamu penggemar musik terutama yang suka memutar musik langsung dari HP tanpa menggunakan earphone atau bluetooth speaker. Makin keras suara makin besar daya yang dibutuhkan, jadi baterai semakin cepat berkurang. Hal ini berlaku juga untuk notifikasi atau nada dering. Seberapa sering kamu menerima pesan dan panggilan dengan nada dering aktif di HP, so pikirkan lagi untuk mengurangi volume HP ☺

8. Mode getar aktif


Seperti halnya suara speaker, mode getar justru lebih banyak menghabiskan energi baterai. Saya sarankan untuk mengaktifkannya jika dibutuhkan saja, lebih baik mode silent atau dengan suara lirih saja untuk notifikasi.

turn off touch vibration

Hal yang perlu diperhatikan adalah tombol navigasi back biasanya kan getar tuh sama tombol keyboard jika kita sentuh juga bergetar. Sebaiknya hal tersebut di nonaktifkan saja, karena itu benar-benar menguras baterai.

9. Tidak mengatur "time out" layar

time-to-sleep

Hal ini memang sedikit sepele namun memang berefek sekali jika kamu selesai menggunakan HP namun tidak langsung di lock, otomatis layar HP akan menyala terus dan akan mati ketika sudah mencapai batas waktunya. Oleh karena itu batas waktu atau waktu sleep bisa kita atur di Settings -> display -> advanced -> sleep. Saran saya sih 30 detik saja cukup, maksimal 1 menit deh.

10. GPS, bluetooth, Wi-Fi atau data seluler menyala


sensor menyala semua

Jika hal di atas aktif secara bersamaan, tentu hal tersebut akan menyebabkan baterai cepat habis. Jadi gunakanlah dengan bijak, misalnya untuk internet mau pake Wi-Fi atau data. Bluetooth dan GPS hanya aktif jika diperlukan, jika selesai langsung dimatikan. Jika ingin lebih irit lagi, gunakan airplane mode lalu aktifkan Wi-Fi dijamin awet deh.

11. Auto-rotate screen


matikan auto rotate


Fitur ini memang sangat bermanfaat bagi sebagian orang, namun jika fitur ini aktif terus menerus maka akan semakin cepat habis baterai HP.

accelerometer sensor

Auto-rotate bekerja karena ada sensor accelerometer yang berjalan di background. Oleh karena itu, matikanlah fitur ini jika memang tidak diperlukan. Sehingga sensor accelerometer akan berhenti dan tidak menguras baterai.

12. Selalu cas baterai sampai 100%

full charging

Percaya atau tidak, mengisi daya baterai hingga 100% sangat tidak baik untuk kesehatan baterai. Rata-rata HP jaman now menggunakan baterai Lithium-Ion atau Lithium-Polimer yang berdasarkan batteryuniversity sangat tidak disarankan untuk mengisinya hingga 100%.


Sebenarnya HP yang dicas ditinggal tidur juga tidak menyebabkan baterai kembung atau dampak lain, namun tetap tidak direkomendasikan karena pengisian yang baik itu dari 15% - 95% sehingga baterai lebih sehat dan panjang umur.

Jadi itulah hal-hal yang menyebabkan baterai HP kamu cepat habis menurut pengalaman saya dan sumber youtube. Jika ada yang mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar. Sekian, terima kasih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hal-hal yang menyebabkan baterai HP kamu cepat habis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel