Cara Menyembunyikan Folder Ampuh [Super hidden] - Rufidea | Sharing and Tips

Cara Menyembunyikan Folder Ampuh [Super hidden]


Cara Menyembunyikan Folder Ampuh [Super hidden]Postingan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menyembunyikan folder dengan ampuh atau istilah kerennya adalah super hidden folder. Namun tidak hanya cara menyembunyikannya saja, namun saya lengkapi dengan cara agar folder tersebut tidak dapat ditemukan. Fyi, super hidden beda dengan metode hidden biasa ya. Karena jika hidden biasa saya yakin teman-teman kamu pasti sudah pada tau.

Langkah membuat:

1. Buat folder yang mau disembunyikan. Pastikan nama folder tersebut tidak menggunakan "spasi". Contoh saya menggunakan nama "hidden_folder" yang terletak di E:\hidden_folder.


2. Setelah itu, buka command prompt dengan cara tekan tombol Windows+R lalu ketikkan cmd dan klik OK.



3. Pada cmd, ketikkan "attrib [lokasi folder] +s +h". Ganti tulisan berwarna merah dengan lokasi folder kamu. Contoh pada kasus saya:


4. Setelah itu folder akan langsung hilang dengan sempurna bahkan tidak akan terlihat meskipun dalam kondisi show hidden file and folder aktif.

Seperti itulah caranya, simpel bukan? Nah untuk menampilkan kembali folder yang hilang tadi, maka kamu hanya perlu mengetikkan perintah sebaliknya yaitu "attrib [lokasi folder] -s -h". Contoh:


Kelemahan

Sistem folder seperti ini mempunyai kelemahan yaitu folder akan tampil ketika checklist dihilangkan pada Hide protected operating system file (recommended) seperti pada gambar berikut:




Solusi

Solusinya adalah dengan cara melarang atau men-disable fungsi show hidden file. Caranya adalah melalui Registry Editor sebagai berikut:

1. Buka Registry Editor dengan cara tekan tombol Windows+R lalu ketik "regedit" dan OK.


2. Kemudian buka folder yang terdapat di dalam Registry Editor  pada "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL". Lalu klik 2x pada CheckedValue.



Lalu ganti nilai Value Data yang tadinya 1 menjadi 0. Lalu klik OK.

Dengan begitu, sekarang jika kamu mengaktifkan show hidden file dan uncheck hide protected operating system files seperti pada gambar di bawah, folder yang kamu sembunyikan tetap tidak akan terlihat. 


Jika ingin menampilkan folder yang tersembunyi tersebut, tinggal ganti saja nilai Value Data dari angka 0 menjadi 1. Mudah kan.

Jadi itulah tadi step-by-step bagaimana cara menyembunyikan folder ampuh dengan metode super hidden dan disable show hidden files. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Folder Ampuh [Super hidden]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel