Pengalaman mengikuti tes seleksi di PT PAN Brother's Boyolali - Rufidea | Sharing and Tips

Pengalaman mengikuti tes seleksi di PT PAN Brother's Boyolali

Pengalaman mengikuti tes seleksi di PT PAN Brother's Boyolali - Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman saya mengikuti tes seleksi di PT PAN Brother's Boyolali.

PT PAN Brother's merupakan perusahaan garmen terbesar di Indonesia yang memproduksi baju, jaket, celana dengan merk-merk terkenal di dunia seperti adidas, nike, uniqlo, dll. Perusahaan ini full eksport sehingga banyak pelanggan dari luar negeri berdatangan tiap minggunya.

Di sinilah saya melamar untuk program MDP (Management Development Program) jadi bukan rekrutmen reguler ya.

Bedanya adalah jika rekrutmen reguler, dia akan menjadi staff biasa dan tahapan seleksinya juga lebih singkat.

Sedangkan MDP dia akan "direbus" menjadi seorang leader di perusahaan melalui program training dan kontrak selama 2,5 tahun. Setelah itu dia akan langsung menjabat dengan posisi supervisor atau lebih tinggi lagi. Namun tahapan seleksinya lebih panjang dan kompleks.


Secara garis besar, inilah tahapan seleksi MDP yang saya lalui:
  1. Apply lamaran via ECC UGM
  2. Psikotest
  3. Psikotest susulan + FGD (Focus Discussion Grup)
  4. Public Interview + Interview 1 vs 4
  5. Briefing MDP

Berikut akan saya jelaskan lebih detail di bawah ini:

1. Apply lamaran via ECC UGM (30 Maret 2019)

Sebagai jobseeker yang ingin cepat mendapat kerja, saya setiap hari memantau web ECC UGM karena di situ hampir setiap hari muncul lowongan baru. Karena saya alumni UGM saya memiliki akses akun ECC UGM seumur hidup gratis, jika dari luar UGM ingin mendaftar mereka harus membayar dengan uang.

Pada saat itu saya asal melamar yang penting kualifikasi yang dibutuhkan terpenuhi oleh saya, dan tanpa mengerti itu perusahaan apa dan bergerak di bidang apa. Apapun itu pokoknya saya lamar dulu, dan ternyata PT PAN Brother's juga termasuk dalam daftar lamaran saya.

2. Psikotest (9 April 2019 pukul 09.00-11.30 WIB)

Selang 6 hari kemudian, saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa saya dipanggil untuk mengikuti Psikotest di PT. PAN Brother's Tbk & Group (Green Office), Boyolali.

email panggilan psikotest


Hal pertama yang terbesit di pikiran saya adalah ini perusahaan apa? haha maklum dulu asal melamar. Setelah itu saya cari tahu di internet semua hal yang saya ingin tahu dan saya memutuskan untuk mengikuti psikotest.

Pada tanggal 9 April 2019, saya berangkat dari Jogja ke Boyolali. Waktu yang ditempuh sekitar satu setengah jam menggunakan sepeda motor. Sesampainya di sana, saya langsung masuk saja menemui satpam dan ditanya keperluannya apa, saya bilang ingin bertemu bu Tyas mau psikotest. Namun sebelumnya, saya disuruh parkir di depan perusahaan (seberang jalan di warung-warung) karena yang boleh parkir di dalam hanya karyawan saja. 

Setelah itu menemui satpam lagi, disuruh mengisi buku tamu, menyerahkan KTP dan mendapatkan ID Card. Setelah itu satpam menunjukkan lokasi Green Office-nya, karena lumayan jauh jadi satpam tidak mengantar saya.

Jalan menuju Green Office

Parkir karyawan PT PAN Brothers
Saya berjalan luruuus cukup jauh, sepanjang jalan bersih tidak ada sampah dan ternyata luas sekali perusahaan ini. Maklum, perusahaan garmen terbesar gitu loh! hehe. Setelah beberapa menit saya jalan kaki, dari jauh keliatan gedung kaca menjulang tinggi, dan ternyata betul itu adalah tempat tujuan saya.

Green Office
Tiba di Green Office, saya bertemu satpam dan mengisi buku tamu lagi. Kemudian saya disuruh menunggu di lobby. Di ruangan tersebut sudah ramai dengan teman-teman peserta lain yang telah datang sebelum saya dan beberapa menit kemudian psikotest di mulai.

Psikotest saat itu hanya mengenai kepribadian dan beberapa kemampuan dasar. Setelah itu peserta dipanggil satu persatu untuk wawancara singkat dan diberi tahu untuk hadir kembali pada tanggal 12 April 2019 untuk psikotest lanjutan dan FGD (Focus Group Discussion).

Setelah itu saya keluar gedung dan jalan lagi keluar dari lokasi perusahaan. Sepanjang perjalanan sangat ramai karyawan, ada yang makan, ada yang jalan ke kantin, masjid bahkan ke warung-warung tempat saya parkir tadi. Sekitar jam 11.30 siang itu jam istirahatnya pikir saya. Setelah itu saya pulang dengan selamat.


3. Psikotest susulan + FGD (12 April 2019, pukul 09.00-11.40 WIB)

Psikotest susulan itu lebih lama dari psikotest kemarin diantaranya ada tes kraepelin, bangun ruang, dsb tidak ada tes menggambar.

Setelah psikotest selesai, kami di bagi menjadi 5 kelompok dan menuju ruangan yang berbeda. Di situ kami melakukan FGD, durasinya sekitar 30 menit di mana kami dikasih persoalan dan tindakan kami sebagai manager itu bagaimana. Setelah tercapai kesimpulan kelompok, test FGD pun selesai dan kami dipersilahkan pulang.


4. Public Interview + Interview 1 vs 4 (2 Mei 2019, pukul 09.00-18.00 WIB)

Setelah hampir 2 minggu menunggu, akhirnya saya mendapatkan email untuk proses seleksi berikutnya. Berikut emailnya...

email panggilan public interview

Jadi kami yang berjumlah 22 orang duduk setengah lingkaran dan di depan nanti akan ada beberapa orang yang memberi pertanyaan. Pertanyaan ditulis pada selembar kertas dan langsung dijawab, setelah itu satu persatu dari peserta berdiri untuk menjelaskan jawabannya.

Kurang lebih ada 6 soal waktu itu yaitu motivasi mengikuti program MDP, hal yang kamu ketahui tentang PT Pan Brother's, tujuan memilih jurusan kuliah saat itu, tujuan 5 tahun ke depan termasuk kelebihan kekurangan dan kontribusi, pertanyaan mengenai Leader atau pemimpin dan disuruh mengurutkan sebuah kata berdasarkan prioritasmu.

Namun sebelum public interview dimulai, kami mendengarkan presentasi mengenai PT Pan Brother's dan program MDP yang kami apply.

Suasana sebelum presentasi
Waktu menunjukkan pukul 12.15 dan public interview telah selesai. Saya kira sampai sini sudah selesai namun ternyata kami diberi waktu istirahat 1 jam dan akan kembali diinterview.

Kami keluar gedung menuju masjid untuk sholat dan setelah itu ke kantin yang ada di dekat masjid untuk mengisi perut agar siap interview lagi.

Masjid PT Pan Brothers
Kanti PT Pan Brothers

Oiya jajanan di kantin murah murah loh. Gorengan-gorengan harga normal 500 perak, nasi sayur + es teh 7 ribu aja, padahal nasinya banyak dan sayurnya macam-macam. Setelah mengisi perut kami kembali ke Green Office untuk interview LAGI. 

Jalan setapak PT Pan Brothers

Tangga di Green Office

Green Office lantai 2

Interview kali ini kami dipanggil satu persatu menuju ruangan yang berisi 4 penginterview. Deg-deg ser gitu haha 1 vs 4 bro. Karena setelah interview boleh pulang, maka kami membuat undian untuk nomor urut panggilan supaya adil tidak berebut. Dan saya kebagian nomor urut 14 huft. Sambil menunggu mari kita lihat beberapa gambar yang saya ambil di sana.

"mendung view" dari lantai 2 Green Office
Toilet PT Pan Brothers
Toilet pria
Pemandangan dari tangga Green Office
Suasana menunggu panggilan interview
Peserta pertama dipanggil jam 13.30 dan saya akhirnya dipanggil jam 17.30, lama juga yah hehe. Walaupun seperti dikeroyok, tapi interviewnya santai dan banyak ketawa juga, just relax. Pertanyaannya seputar pribadi diri kamu, kemampuanmu, kuliah dan prestasi serta hal apa yang akan kamu lakukan jika kamu sudah diterima. Setiap orang beda beda sih, tergantung CV dan jawaban public interview yang tadi juga. Setelah selesai saya pulang ke Jogja ba'da Maghrib.

5. Briefing MDP (20 Mei 2019, pukul 14.00-16.00 WIB)

Jujur interview kemarin saya cenderung pesimis karena memang saya kurang pengalaman menjadi pemimpin dan tidak punya prestasi namun takdir Allah memang tidak diduga. Selang setengah bulan akhirnya saya mendapatkan email ini



Hal pertama yang saya rasakan adalah senang dan bingung. Senang karena mendapat panggilan untuk lanjut proses seleksi berikutnya. Bingung karena di sini yang dimaksud dengan "Brifing" itu apa? apakah saya sudah diterima atau masih ada proses seleksi lagi? seperti MCU (Medical Check Up)?

Dengan hati yang senang saya berangkat lagi ke Boyolali. Di sana yang hadir berjumlah 14 peserta dari 16 orang yang diundang brifing. Dan ternyata memang kami ini sudah pantas menjadi kandidat MDP namun belum resmi karena belum ada kontrak dll.

Jadi tujuan brifing ini adalah untuk mengenalkan kepada kami sebenarnya MDP itu apa? Karena di sini akan dijelaskan mulai dari kegiatan, beban dan tanggung jawab hingga benefit-benefit yang akan kami peroleh.

Acara dimulai dengan games perkenalan untuk mengakrabkan karena kami kelak akan menjadi satu TIM. Setelah itu dilanjutkan presentasi mengenai MDP oleh salah satu Manager di PT PAN Brother's yaitu bapak Hendrik.

Beliau menceritakan pahit-pahitnya dulu kepada kami mengenai MDP ini. Setelah itu baru hal-hal yang menyenangkan dan juga ada sesi tanya jawab supaya semuanya clear  sebelum kontrak.

Setelah selesai kami diberi secarik kertas yang bertuliskan dokumen-dokumen yang harus dikumpulkan pada tanggal 10-20 Juni nanti untuk konfirmasi bahwa kami sudah mantap ingin bergabung menjadi peserta MDP PT Pan Brother's secara resmi.

Oiya jadi tidak ada tes kesehatan ya... Tes kesehatan dilakukan mandiri yang nanti dokumennya akan dikumpulkan bersama dokumen lain tanggal 10 juni nanti.

Jadi itulah tahapan-tahapan seleksi program MDP di PT PAN Brother's. Jika ada yang mau ditanyakan, mari diskusi di kolom komentar siapa tau saya bisa bantu. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

39 Komentar untuk "Pengalaman mengikuti tes seleksi di PT PAN Brother's Boyolali"

  1. Saya ingin bertanya, sekrang kan masnya sudah bergabung di program mdp, jadi selama mengikuti program ini kelas atau Hal apa saja yang dipelajari? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum OJT kami ada in class training selama 1 bulan, saat itu saya mendapatkan banyak bekal materi mengenai manajerial, softskill, dan materi teknis di perusahaan. Banyak hal baru yang dipelajari dan sangat membantu untuk pengembangan diri, begitu kurang lebih.

      Hapus
  2. Mas, pada saat ditanya prestasi jawabnya apa? Sedangkan disini masnya bilang tidak ada prestasi. Makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yg menurut saya paling bikin bingung haha, waktu itu kalo gak salah saya jawab, "saya tidak memiliki prestasi selama kuliah, namun saya mengikuti banyak kegiatan positif seperti kepanitiaan, UKM, dll" kurang lebih gitu sih

      fyi temen sy skrg juga ada yg bingung ketika ditanya prestasi :D tapi dia skrg lolos bareng saya, sekreatif kamu aja

      Hapus
    2. Bisa bisa makasih pencerahannya mas hehe. Interview make b.ing atau indo ya?

      Hapus
    3. Bahasa Indonesia kok santuy aja, maaf kalo lama bales komen

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mas lamanya kontrak untuk MDP ini berapa lama ya? Dan ketika sedang ikut program MDP jika sewaktu-waktu kita ingin resign dari perusahaan apakah ada sistem pinalty yg diterapkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontraknya 2,5 tahun, dan ada sistem pinalty juga yaa

      Hapus
    2. besaran pinalty nya kira-kira kisaran di angka berapa mas?

      Hapus
    3. 2x gaji yang telah diterima yes

      Hapus
    4. Untuk sallary yang diterima sebagai posisi MDP kisaran berapa ya mas

      Hapus
    5. Hampir 2x UMK dan akan naik tiap semester

      Hapus
  5. Penempatannya nanti dimana ya mas? Apa lah di jawa tengah juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ade, penempatan fleksibel tergantung kapasitas peserta dan kebutuhan perusahaan, biasanya masih area jawa tengah namun kalo memang memungkinkan maka bisa ditempatkan di kantor pusat Tangerang

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. mas mo nanya, apa bener posisi kita udah terjamin sehabis masa MDP nya abis ? kabarnya saya denger kalo ga berhasil melalui MDP, bisa diturunkan ke posisi staff ya ? mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang tidak kompeten memang bisa diturunkan ke posisi staff sewaktu masa MDP, tapi kenyataannya ada bbrp MDP yang belum sampai 1 tahun sdh diakui dan memegang tanggung jawab sbg chief bahkan ast. manager

      Hapus
  8. Slmat sore maaf mo tanya mas...klo di bagian PPIC itu apakah test nya sama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi, biasanya untuk jalur perekrutan staff (reguler) itu tahapannya tidak sebanyak MDP dan lebih simple, tentunya pengetahuan ttg posisi yg dilamar jelas diutamakan

      Hapus
  9. Hi mau tanya, program mdp apakah ada penahanan ijazah ?

    BalasHapus
  10. Mas mau tanya, kan tes kesehatan dilakukan secara mandiri, apakah BW parsial mempengaruhi mas? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau ya, tp setau saya sih gak berpengaruh untuk MDP

      Hapus
  11. Mau nanya Mas, untuk tes kesehatannya meliputi apa saja ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk detailnya sy lupa. Soalnya sy dulu dikasih list apa saja yg harus dicek saat tes kesehatan. Seingat sy ada cek fisik, darah, urin, rontgen

      Hapus
  12. Mas, tanya nih, saya kan sudah dinyatakan diterima MDP untuk tahun 2020. Untuk dokumen yang dibawa apa aja dan apakah tes kesehatan mandirinya dengan biaya sendiri ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, ini siapa ya?
      Sudah sampai tahap mana ya? iya utk tes kesehatan dgn biaya sendiri ya, jd pinter2 cari yg murah :D

      Hapus
    2. sudah dinyatakan diterima mas, besok senin briefing. mas dulu tes kesehatan dimana dengan biaya berapa ya?
      oh ya gak ada penahanan ijazah kan ya mas?

      Hapus
    3. Dulu sy tes kesehatan di parahita jogja habis sekitar 400rban kyknya... aman gak ada penahanan apapun

      Hapus
  13. Selamat pagi mas,sya nur yg sudah lolos seleksi mdp. Gimana pngalaman mas ma'ruf selama di mdp ya ?😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah selamat ya... pengalaman luar biasa. Rasakan sendiri saja ya :D

      Hapus
  14. mbak nurfatin mau nanya, tes terakhir yang indepth interview tgl berapa ya?

    BalasHapus
  15. Mas klo D3 apa boleh apply u/ program MDP? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya nanti akan ada rekrutmen MDP untuk internal karyawan PT Pan Brothers dan juga utk D3. Pantau saja terus rekrutmennya

      Hapus
  16. Untuk kisaran gaji dan kenaikannya berapa ya? Apakah ada tunjangan di luar gaji?

    BalasHapus
  17. Mas mau nanya pan brothers menyediakan mess atau ga ya? kalo boleh tau range gajinya sekitar berapa ya untuk MDP? makasih mas

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum mas, mas boleh minta username akun ig nya? Saya mau bertanya mengenai rekruitment ini mas, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa buka halaman kontak ya di sini, thanks

      https://www.rufidea.net/p/kontak-saya.html

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel