Penjelasan mengenai MAC Address dan IP Address mudah dipahami - Rufidea | Sharing and Tips

Penjelasan mengenai MAC Address dan IP Address mudah dipahami

Dalam dunia digital, khususnya adalah dalam jaringan komputer tentu kita mengenal atau tidak asing lagi dengan MAC Address dan IP Address. Namun, apakah kamu tau perbedaan antara MAC Address dan IP Address? Jika belum saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan MAC Address dan IP Address.


Jika kita terhubung dengan jaringan komputer atau terhubung dengan internet, maka kita akan memiliki 2 buah alamat, yaitu MAC Address dan IP Address. Namun, jika kita tidak terhubung ke internet, secara default kita memang sudah memiliki MAC Address untuk setiap gadget yang kita miliki.

IP Address 

Dikutip dari Wikipedia, IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner yang terdiri dari 32 bit (IPv4) sampai 128 bit (IPv6) yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet berbasis TCP/IP. IP Address juga sering disebut sebagai logical address.

Ada 2 jenis IP Address yaitu IPv4 dan IPv6:

ipv4 vs ipv6
Sumber: Wikipedia
IP Address yang sering kita gunakan sekarang adalah IPv4. Lalu apa gunanya IPv6? Jadi setahu saya, sekarang IPv6 hanya digunakan oleh orang atau kelompok tertentu. IPv6 juga menjadi cadangan jika alamat IPv4 sudah full atau sudah terpakai semua suatu saat saking banyaknya orang yang terhubung ke internet. 

MAC Address

Dikutip dari Wikipedia, MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Waduh berat sekali ya bahasanya 😂 Untuk lebih jelasnya, baca postingan ini sampai selesai.

MAC Address mempunyai panjang 48 bit atau 6 byte yang terpisahkan dengan tanda "-" biasanya. Contoh: 02-00-4C-4F-4F-50

MAC Address juga biasa disebut sebagai Physical address atau hardware address

Cara mengetahui IP Address dan MAC Address di Windows

1. Pastikan kamu terhubung ke internet, bisa melalui kabel LAN atau Wi-Fi. Dalam contoh ini saya menggunakan Wi-Fi.
2. Tekan Tombol Windows + R lalu ketik "cmd" dan tekan Enter.


3. Kemudian akan tampil jendela command prompt, langsung saja ketik "ipconfig /all" lalu Enter.


4. Setelah itu akan tampil beberapa konfigurasi perangkat yang terhubung internet. Karena di contoh ini saya menggunakan Wi-Fi maka saya akan cari di bagian Wireless LAN adapter Wireless Network Connection


Dapat kita lihat bahwa kotak merah yang di atas adalah MAC Address dan kotak merah yang di bawah adalah IP Address. Cukup mudah bukan?

Kesimpulan

Jadi, perbedaan antara MAC Address dan IP Address sudah sangat jelas ya bahwa MAC Address adalah alamat yang tidak berubah-ubah, berjumlah 6 byte yang dipisahkan dengan tanda "-". Setiap perangkat elektronik yang terhubung ke internet pasti memiliki MAC Address dari pabrik.

Sedangkan IP Address akan berubah-ubah tergantung kemana kamu terkoneksi. Misalnya di sekolah kamu menggunakan Wi-Fi sekolah, coba lihat IP Address-nya apakah sama ketika kamu menggunakan jaringan Data seluler? pasti berbeda, namun masih dengan MAC Address yang sama.

Jadi itulah penjelasan mengenai MAC Address dan IP Address yang mudah dipahami. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan mengenai MAC Address dan IP Address mudah dipahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel