Cara membuat Blog Gratis di Blogspot untuk Pemula Terbaru - Rufidea | Sharing and Tips

Cara membuat Blog Gratis di Blogspot untuk Pemula Terbaru

Kali ini saya akan berbagi Cara membuat Blog Gratis di Blogspot untuk Pemula Terbaru.  Pada awalnya, saya membuat blog juga mencari cara atau tutorial semacam ini di google dan alhamdulillah berhasil dengan hati yang puas. 

Blog menurut saya tempat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman atau sekedar mencurahkan isi hati ini. Jadi semua tergantung kita ingin membuat blog semacam apa. Ada juga yang membuat blog hanya dengan tujuan untuk mencari uang melalui monetisasi iklan-iklan, shorturl, dll. Namun, saran saya jangan jadikan "mencari uang" sebagai tujuan utama, anggap saja itu bonus nantinya jika kamu sudah terjun lumayan lama di dunia blog.

Cara membuat Blog Gratis di Blogspot untuk Pemula

Banyak sekali platform/penyedia layanan untuk membuat blog seperti Blogger, Wordpress, Tumblr, dan masih banyak lagi. Namun menurut saya Blogger adalah yang paling cocok untuk orang yang baru mau belajar blog. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka blogger.com lalu klik tombol BUAT BLOG.


2. Kemudian masukkan akun Gmail (Email Google) kamu. Jika belum punya maka kamu bisa mengunjungi postingan saya cara membuat gmail. Setelah memasukkan Gmail klik tombol Berikutnya.


3. Masukkan password akun Gmail kamu jangan sampai keliru. Lalu klik tombol Berikutnya.


4. Selamat datang di Blogger. Kemudian masukkan nama kamu atau nama yang akan orang lain lihat pada profil blogger. Setelah itu klik tombol Lanjutkan ke Blogger.


5. Kemudian kamu akan tiba di halaman utama blogger. Klik tombol BUAT BLOG BARU untuk memulai membuat blog.


6. Kemudian akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah. Isilah sesuai dengan instruksi berikut:

Judul    : Nama blog yang sesuai dengan konsep yang kamu buat. Misalnya "All about Women".
Alamat : Sebuah alamat yang nantinya akan jadi patokan pengunjung jika ingin masuk blog kamu. Pilihlah alamat semenarik mungkin dan mudah diingat. Jika alamat sudah diambil maka pilih alamat yang lain lagi hingga ada ceklist "Alamat blog ini tersedia".
Tema     : Pilih tema sesuai dengan selera kamu. Tenang, bisa diganti kok nantinya.

Jika sudah semua, klik tombol Buat blog!.

7. Dengan begitu blog kamu sudah selesai dibuat. Selanjutnya adalah memberikan isi atau memposting sesuatu. Caranya yaitu klik tombol Entri baru.


8. Kemudian kamu akan dialihkan ke halaman khusus untuk menulis sesuatu seperti pada gambar di bawah. Menu yang disediakan sederhana dan mudah dipahami. Kamu pasti sudah terbiasa dengan microsoft word kan? demikian juga dengan tampilan blogger ini, kamu pasti cepat menguasainya. 

klik gambar untuk memperbesar
Coba kamu tulis judul dan isi untuk percobaan postingan pertama. Latihlah untuk menulis dengan tata penulisan dan bahasa yang baik karena blog kamu akan muncul di Publik dan siapa saja dapat melihat tulisanmu serta buatlah mereka suka dan ingin kembali mengunjungi blog kamu lagi. Jika sudah langsung saja klik tombol Publikasikan.

9. Kamu akan kembali ke halaman utama seperti tadi dan dapat kita lihat bahwa kamu sudah berhasil membuat 1 postingan baru. Untuk mengecek blog kamu langsung saja klik Lihat blog.


Beginilah tampilan untuk blog yang saya demokan


Mudah bukan? cukup dengan dasar-dasar tersebut kamu sudah dapat membuat postingan di blog. Untuk selanjutnya silahkan kamu eksplor atau jelajahi sendiri fungsi dari masing-masing menu yang ada di blogger ini.

Jadi sampai sini saja hal yang dapat saya bagikan melalui tulisan ini. Jika ada yang ingin diskusi silahkan isi di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat Blog Gratis di Blogspot untuk Pemula Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel