Android vs iOS, pilih yang mana? - Rufidea | Sharing and Tips

Android vs iOS, pilih yang mana?

android vs iOS

Android atau iOS? Manakah yang lebih baik? harus pilih yang mana?
Hal tersebut merupakan hal yang rumit untuk dijawab. Banyak yang bilang kalau Apple mahal dan juga sistem operasinya dikunci atau tidak bisa 'dioprek'. Pihak sebelah pun bilang desain android dan keamanannya yang masih kurang. 

Tentu kita juga bingung jika disuruh memilih Android atau iOS. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita harus memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan kita. Apalagi untuk keperluan bisnis, pemilihan sistem operasi yang tepat untuk karyawan dapat mempengaruhi kebahagiaan dan produktivitas kerjanya. Jadi mana yang harus dipilih?

1. Hardware: Adroid vs iOS

Di bagian hardware ini, Android lebih unggul dari pada iOS karena Android menawarkan pilihan yang jauh lebih banyak dalam hal hardware. Lingkungan Android sangat luas, terdapat berbagai macam perangkat yang sesuai dengan selera dan budget. Produk android sekarang sudah banyak mulai dari entry level hingga flasgship. Bahkan sekarang produk android entry level sedang laris-larisnya terutama dari salah satu brand yang sedang hits yaitu xiaomi. Untuk kalian yang mempunyai budget lebih dan menginginkan produk unggulan, Flagship Samsung Galaxy S9 bisa menjadi pilihan anda sekarang.

Di sisi lain, Apple tidak memiliki hardware seperti produk-produk Android namun masih ada pilihan yang adil. Antara varian reguler, Plus dan SE, iPhone hampir mencakup semua kelas yang kita inginkan. Tetapi iOS masih jauh lebih ketat dari pada Android dalam hal hardware.

2. Desain: Android vs iOS

Jika dibandingkan menurut desain, Android masih kalah dengan iOS. Meskipun versi terbaru dari Android adalah Android Oreo, namun masih belum bisa menandingi user experience yang ditawarkan oleh iOS. iOS hanya lebih baik dan lebih intuitif dari pada apa pun yang ditawarkan oleh Android.

IOS sangat cocok untuk pengguna sehari-hari, sangat mudah diakses, sangat mudah digunakan dan dinavigasi. Meskipun begitu, Android adalah platform yang lebih kaya fitur, menawarkan opsi penyesuaian yang lebih variatif. Banyak pengaturan pada Android meskipun tersembunyi, namun banyak orang (opreker) yang berhasil mengembangkan Android itu sendiri agar sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Namun dalam pasar smartphone, yang paling dicari adalah kegunaan dari smartphone itu sendiri. Apakah sudah bisa memenuhi kebutuhan atau aktifitas sehari-hari atau belum. IOS merupakan sistem operasi paling cantik, responsif dan dapat melakukan segala hal yang perlu dilakukan setiap hari dengan cepat dan mudah. 

IOS di iPhone tampak lebih hebat dari pada tablet atau smartphone Android di mana dia dapat memanfaatkan fitur multitasking dengan lancar karena didukung oleh prosesor Apple yang luar biasa. Jarang sekali, bahkan saya belum pernah melihat iPhone mengalami lagging saat digunakan normal terutama untuk multitasking. Pada kenyataannya, orang-orang yang memakai produk Apple terlihat lebih keren atau premium dibandingkan dengan orang yang menggunakan 'non-Apple'.

3. Compatibility: Android vs iOS

IPhone adalah perangkat paling populer di dunia, semua aksesoris iPhone lengkap sekali. Tidak perlu dicemaskan namun tidak bisa saling pinjam dengan perangkat Android. Apple juga telah memilih untuk menghapus jack headphone pada perangkat baru-baru ini. Namun digantikan dengan adanya adaptor jack Lightning to 3.5mm yang disediakan di kotak pembelian dan headphone Bluetooth  yang tersedia secara luas.
Sedangkan Android bebas sesama Android dapat saling pinjam dan semua kompatibel. Aksesorisnya juga cenderung lebih terjangkau dibanding iPhone. Beberapa Android juga sudah menghilangkan port jack audio 3.5mm. 

4. Keamanan: Android vs iOS

Dalam hal ini, keamanan pada Android jauh lebih rentan dari pada iPhone. Banyak juga aplikasi Android (apk) yang membawa malware. Di sisi lain, iPhone jauh lebih baik dari Android dalam hal keamanan, pembaharuan (update) ke semua ponsel secara langsung juga cepat tidak seperti Android yang harus menunggu hingga brand pembuat ponsel tersebut menerapkan versi update official.

5. Kesimpulan: Android vs iOS

Jadi, dari hal-hal yang disebutkan di atas, Android merupakan sistem operasi yang memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia, karena fleksibilitasnya menjadi sistem operasi yang kuat dan serbaguna dengan banyak fungsi. Namun, jika digunakan untuk perangkat bisnis, iOS tetap menjadi rajanya.

iOS berjalan sangat mulus, mudah digunakan, tampilan yang cantik, dan keamanannya sangat luar biasa. Walaupun masih ada kekurangannya, manfaatnya jauh lebih besar dari pada kerugiannya. Dan untuk perangkat perusahaan, iOS tetap harus menjadi nomor satu.

Jadi seperti itulah kira-kira alasan kenapa kita harus memilih Android atau iOS. Silahkan tulis pendapat anda pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca 😊

Sumber yang saya acu di sini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Android vs iOS, pilih yang mana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel