Pengalaman Kerja Praktik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta Pusat - Rufidea | Sharing and Tips

Pengalaman Kerja Praktik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta Pusat


Selaku mahasiswa jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM, saya mempunyai kewajiban Kerja Praktik yang berbobot 3 sks. Saya bersama 4 orang teman saya bernama Aji, Dian, Roy dan Teguh sepakat ingin melakukan Kerja Praktik di Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 20 Desember 2016 hingga 20 Januari 2017 di Jakarta Pusat.

ELINS UGM

Kami berangkat pada tanggal 19 Desember 2017 sore di mana saat itu kami berempat baru selesai dari Ujian Akhir Semester. Kondisi sore itu agak mendung dan macet, walaupun cape rasanya, kami bergegas prepare dan mencari taxi mobil baik online atau offline. Sekitar 15 menitan menunggu, kami berhasil menghentikan taxi yang lewat di tengah Jalan Kaliurang yang macet. Saat itu kondisi kami sudah kehabisan waktu menuju stasiun Lempuyangan. Hati tidak bisa tenang karena jika telat naik kereta, telat juga kami berangkat ke sana yang dapat berakibat batalnya Kerja Praktik ini.

Suasana dalam Kereta Api

Ketika di dalam kereta kami bercanda gurau disambil ngemil jajanan hingga tidur. Tak terasa stasiun tujuan sudah dekat, kami persiapan turun ke stasiun Pasar Senen. Usai sholat subuh di mushola stasiun kami bergegas mencari taxi mobil menuju tempat saudaranya Roy.

Suasana di sana sangat berbeda, lingkungan rumah yang kami tinggali berada di kawasan gang-gang kecil dan rumah-rumah berlantai ganda, keadaan sungai yang sudah tidak bisa disebut sungai lagi karena baunya busuk dan warna yang kotor. Lepas dari itu semua, masih banyak orang yang memakmurkan masjid di sana, walaupun jarak antar masjid-mushola tidak jauh satu sama lain tetapi masjid-mushola tersebut selalu terisi penuh dengan jamaah, Masya Allah.

Pada hari pertama kami dikenalkan dengan bapak Soehartono selaku Kepala Bidang Struktur dan Informatika di Pusat Data dan Sarana Informatika(PDSI) lalu kami disuruh mengikuti beberapa agenda acara di sana dan pada akhirnya kami semua ditempatkan di bagian Piranti dan Jaringan bersama dengan Bapak Suparjono atau biasa dipanggil Bapak Joni. Pada hari ini beliau sedang tidak di kantor, sehingga kami hanya berkenalan dengan rekan kerja yang lain dan belum ada kerjaan alias gabut. Kami dapat teman baru diantaranya Rizki, Ridwan dkk, dan juga mba Dina.

Hari berikutnya adalah pertemuan pertama kami dengan Bapak Joni diawali dengan percakapan mengenai Jogja, tempat kami kuliah. Setelah itu beliau menjelaskan tentang topologi yang di gunakan di Kominfo, bagaimana Internet berjalan dari ISP sampai ke client, troubleshoot jaringan dan crimping kabel LAN. Setelah penjelasan panjang lebar dari beliau, jam istirahat pun datang dan kami langsung keluar untuk sholat di masjid yang ada di Kominfo lalu makan di kantin. Untuk soal harga ya memang terhitung cukup mahal karena kami biasa membeli dengan harga murah di jogja hehe dan juga ini adalah kantin orang kantoran sehingga ya tau sendiri lah... Setelah itu kami kembali ke ruangan kami dan gabut sampai jam pulang.

Singkat cerita, banyak sekali hal yang baru kami peroleh selama Kerja Praktik ini diantaranya adalah pasang baru dan troubleshoot mesin absensi, pasang baru dan setting IP Camera, troubleshoot jaringan bagian pada bagian client atau bagian patch panel. Pada minggu terakhir pelaksanaan Kerja Praktik, kami baru dikasih projek yaitu menggunakan Zabbix Apliance untuk memonitor jaringan dan kami disuruh membuatkan 'Manual Book' setiap topik yang kami bahas. Sedangkan Teguh salah satu teman saya, dia memprogram mesin sidik jari sehingga dapat berfungsi sesuai dengan yang diinginkan.

Mesin baru pemindai sidik jari

Proses pemasangan mesin pemindai sidik jari

Kumpulan Patch Panel

Troubleshooting jaringan
 
Troubleshooting mesin pemindai sidik jari

Ruang bekas data center

Selain hal -hal tersebut, di sana juga kami tidak luput dengan gabut (tidak ada kerjaan). Dan hal tersebut biasanya kami isi dengan bermain game, streaming, download dsb sampai bosan. Gimana gak betah di sana kami download film sampe hardisk kami penuh dgn kecepatan yang super cepat 😁

Speedtest tellin

Kecepatan Download

Main Counter Strike

Main counter Strike juga

Otaku

Pada hari terakhir, kami menyelesaikan semua urusan kami diantaranya projek yang diamanahkan kepada kami dan juga surat-surat untuk keperluan Laporan kami untuk UGM. Sore hari kami berpamitan kepada semua orang di kantor yang kami kenal atau sudah kami repotkan selama ini.

Foto dengan mba Dina dan Bapak Joni

Foto di teras depan Kantor Kominfo

Sebetulnya masih banyak hal dapat saya share dengan kalian, tapi saya bingung bagaimana menulisnya di sini. Cukup sekian saja cerita singkat saya semoga bermanfaat bagi kalian yang mencari tahu gambaran bagaimana jika kalian Kerja Praktik atau PKL di sana. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Pengalaman Kerja Praktik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta Pusat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel